TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints4086 UR - http://digilib.unila.ac.id/4086/ A1 - RUMIATI, 1013119168 Y1 - 2014/08/29/ N2 - Pada dasarnya proses pembelajaran harus dapat memberikan peluang kepada siswa untuk mengembangkan berbagai kemampuannya secara optimal. Proses belajar yang tidak mengakomodasi kebutuhan berbagai aspek perkembangan siswa akan memberikan pengalaman belajar yang kurang bermakna, akibatnya siswa menjadi tidak kreatif, kurang inisiatif dan tidak termotivasi untuk belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) di kelas IV SD Negeri 2 Pajaragung Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu tahun pelajaran 2014/2015. Kegiatan yang dilakukan dalam penelitian tindakan kelas ini meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan refleksi pada setiap siklus. Penelitian ini dilakukan dengan observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD), hasil belajar siswa meningkat sesuai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan pada akhir siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan II, yakni 56% dan 76%, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II adalah 62,8% dan 66,32%. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 2 PAJARAGUNG KECAMATAN PRINGSEWU KABUPATEN PRINGSEWU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -