@misc{eprints4088, month = {September}, title = {Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa pada materi pokok ekosistem}, author = {1013024039 Hesti Yudhi Astuti}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/4088/}, abstract = {ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa. Desain penelitian ini adalah pretes-postes non ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIB dan VIIC yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji U. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian dengan memanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa menunjukkan interpretasi tinggi. Penguasaan konsep oleh siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain 57,90. Sehingga pembelajaran menggunakan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa. The purpose of this study was to examine the use of school environment as a learning resource to enhance students learning activities and conceptual understanding. The research design was pretest-posttest non equivalent. The samples were VIIB dan VIIC class that selected by purposive sampling. The quantitative data obtained from the average value of pretest, posttest, and N-gain. Quantitative data were activities description and student questionaire responses that analyzed using U test. The results showed that the use of school environment as a learning resource for improving student learning activities has with high interpretations. Student conceptual understanding also increased with average of N-gain 57,90. Thus, school environment as learning resources was effective to improve students learning activity and conceptual understanding. Kata kunci : aktivitas belajar, ekosistem, lingkungan sebagai sumber belajar, penguasaan konsep. } }