?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=Pemanfaatan+lingkungan+sekolah+sebagai+sumber+belajar+untuk+meningkatkan+aktivitas+belajar+dan+penguasaan+konsep+oleh+siswa+pada+materi+pokok+ekosistem&rft.creator=Hesti+Yudhi+Astuti%2C+1013024039&rft.subject=+&rft.description=ABSTRAK%0D%0A%0D%0ATujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+mengetahui+pemanfaatan+lingkungan+sekolah+sebagai+sumber+belajar+untuk+meningkatkan+aktivitas+belajar+dan+penguasaan+konsep+oleh+siswa.+Desain+penelitian+ini+adalah+pretes-postes+non+ekuivalen.+Sampel+penelitian+ini+adalah+kelas+VIIB+dan+VIIC++yang+dipilih+secara+purposive+sampling.+Data+kuantitatif+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+pretes%2C+postes%2C+dan+N-gain+yang+dianalisis+menggunakan+uji+U.+Data+kualitatif+berupa+deskripsi+aktivitas+dan+angket+tanggapan+siswa.+Hasil+penelitian+dengan+memanfaatan+lingkungan+sekolah+sebagai+sumber+belajar+untuk+meningkatkan+aktivitas+belajar+siswa+menunjukkan++interpretasi+tinggi.+Penguasaan+konsep+oleh+siswa+juga+mengalami+peningkatan+dengan+rata-rata+N-gain+57%2C90.+Sehingga+pembelajaran+menggunakan+pemanfaatan+lingkungan+sekolah+sebagai+sumber+belajar+efektif+untuk+meningkatkan+aktivitas+belajar+dan+penguasaan+konsep+oleh+siswa.%0D%0A%0D%0AThe+purpose+of+this+study+was+to+examine+the+use+of+school+environment+as+a+learning+resource+to+enhance+students+learning+activities+and+conceptual+understanding.+The+research+design+was+pretest-posttest+non+equivalent.+The+samples+were+VIIB+dan+VIIC++class+that+selected+by+purposive+sampling.+The+quantitative+data+obtained+from+the+average+value+of+pretest%2C+posttest%2C+and+N-gain.+Quantitative+data+were+activities+description+and+student+questionaire+responses+that+analyzed+using+U+test.+The+results+showed+that+the+use+of+school+environment+as+a+learning+resource+for+improving+student+learning+activities+has+with+high+interpretations.+Student+conceptual+understanding+also+increased+with+average+of++N-gain+57%2C90.+Thus%2C+school+environment+as+learning+resources+was+effective+to+improve+students+learning+activity+and+conceptual+understanding.%0D%0A%0D%0AKata+kunci+%3A+aktivitas+belajar%2C+ekosistem%2C+lingkungan+sebagai+sumber+belajar%2C+penguasaan+konsep.%0D%0A&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2014-09-08&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4088%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4088%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4088%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4088%2F101%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4088%2F5%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4088%2F6%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4088%2F7%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4088%2F8%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4088%2F9%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4088%2F10%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4088%2F11%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4088%2F12%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4088%2F13%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4088%2F14%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4088%2F15%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4088%2F16%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4088%2F17%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4088%2F18%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Hesti+Yudhi+Astuti%2C+1013024039++(2014)+Pemanfaatan+lingkungan+sekolah+sebagai+sumber+belajar+untuk+meningkatkan+aktivitas+belajar+dan+penguasaan+konsep+oleh+siswa+pada+materi+pokok+ekosistem.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F4088%2F