@misc{eprints4089, month = {Oktober}, title = {KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN INFERENSI SISWA PADA MATERI REDOKS MELALUI PROBLEM SOLVING DI SMAN 1 TRIMURJO}, author = {0913023106 Sri Purwaningsih}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/4089/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengelompokkan dan inferensi pada materi redoks dengan model pembelajaran problem solving untuk kelompok kognitif siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMAN 1 Trimurjo berjumlah 26 siswa. Metode penelitian ini adalah pre-experimental dengan one-shot case study design. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving pada meteri redoks untuk : (1) keterampilan mengelompokkan: pada kelompok tinggi terdapat 100 \% siswa berkriteria sangat baik; pada kelompok sedang terdapat 69,23 \% siswa berkriteria sangat baik, 23,08 \% berkriteria baik, dan 7,69 \% berkriteria cukup; pada kelompok rendah terdapat 42,86 \% siswa berkriteria sangat baik, 42,86 \% berkriteria baik, dan 14,28 \% berkriteria cukup. (2) keterampilan menginferensi: pada kelompok tinggi terdapat 83,33 \% siswa berkriteria sangat baik, 16,67 \% berkriteria baik; pada kelompok sedang terdapat 53,85 \% berkriteria sangat baik, 38,46 \% berkriteria baik, dan 7,69 \% berkriteria cukup; pada kelompok rendah Sri Purwanigsih terdapat 42,86 \% siswa berkriteria sangat baik, 42,86 \% berkriteria baik, dan 14,28 \% berkriteria cukup. Kata kunci : problem solving, mengelompokkan, inferensi, kelompok kogitif, oksidasi-reduksi} }