@misc{eprints4094, month = {Oktober}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI LARUTAN NON ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA}, author = {0913023075 Ama Nur Anna }, address = {Universitas Lampung}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/4094/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan minat dan penguasaan konsep siswa kelas X pada materi larutan non elektrolit dan elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 8 kelas di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung semester genap Tahun 2012-2013. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling hasil yang diperoleh adalah 2 sampel yaitu kelas X7 dan X8. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Efektivitas pembelajaran Learning Cycle 5E dikatakan efektif dapat meningkatkan minat dan penguasaan konsep siswa apabila secara statistik rata-rata n-Gain siswa menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain minat untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,26 dan 0,54 dan rata-rata n-Gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,36 dan 0,43. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa kelas dengan pembelajaran melalui Learning Cycle 5E memiliki minat dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi larutan non elektrolit dan nelektrolit melalui model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih efektif dalam meningkatkan minat dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci : pembelajaran Learning Cycle 5E, minat, dan penguasaan konsep.} }