TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints4102 UR - http://digilib.unila.ac.id/4102/ A1 - Heni. R, 1013109099 Y1 - 2014/10/13/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan nilai rata-rata di bawah KKM pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur dilaksanakan melalui dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar instrumen aktivitas siswa, lembar instrumen kinerja guru dan lembar soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif untuk mengukur aktivitas siswa dan kinerja guru, sedangkan data kuantitatif dugunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif STAD pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Kedondong berdampak pada peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (69,73%) dengan kategori ?Cukup? meningkat sebesar 6,61% pada siklus II menjadi (76,34%) dengan kategori ?Baik?. Rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I (48,26) meningkat sebesar 14,78. Kata kunci: Model kooperatif STAD, aktivitas dan hasil belajar. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 2 KEDONDONG AV - restricted ER -