TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints4104 UR - http://digilib.unila.ac.id/4104/ A1 - EVA FEBRIYANTI R., 0853024015 Y1 - 2014/06/20/ N2 - Hasil observasi di kelas VII MTs Negeri 2 Bandar Lampung, diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan media video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan VII H sebagai kelas kontrol yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan media video yang dianalisis secara deskriptif. EVA FEBRIYANTI R. iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa terjadi dalam semua aspek. Pada aspek bekerjasama dengan teman bernilai sebesar (78,33); aspek mempresentasikan hasil penyelidikan/diskusi kelompok sebesar (79,99); aspek mengajukan pertanyaan sebesar (66,66), Hasil belajar juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes sebesar (36,55); nilai postes (72,68); dan N-gain (56,14). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media video. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media video berperangaruh terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Kata kunci : Media video, aktivitas belajar, hasil belajar, dan ciri-ciri makhluk hidup. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap MTs Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013) AV - restricted ER -