TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints4112 UR - http://digilib.unila.ac.id/4112/ A1 - MASAYU OLBA D. A., 1013024045 Y1 - 2014/07/07/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil guru dalam pembelajaran IPA pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung. Penelitian ini adalah deskriptif sederhana dengan menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga sampel yang diperoleh adalah enam guru kelas IV SD Negeri yang mengajar IPA. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif berupa deskripsi proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang diperoleh dari lembar observasi kegiatan pembelajaran yang dibandingkan dengan standar proses, pendekatan saintifik, dan konstruktivisme. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang dilaksanakan oleh guru-guru kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung adalah kurang sesuai dengan standar proses, pendekatan saintifik, dan konstruktivisme. Masayu Olba D. A. iii Seluruh guru melaksanakan pembelajaran IPA yang kurang sesuai dengan standar proses dengan persentase skor rata-rata sebesar 50%. Seluruh guru melaksanakan pembelajaran IPA yang kurang sesuai dengan pendekatan saintifik dengan persentase skor rata-rata sebesar 33%. Seluruh guru melaksanakan pembelajaran IPA yang kurang sesuai dengan konstruktivisme dengan persentase skor rata-rata sebesar 33%. Kata kunci : konstruktivisme, pembelajaran IPA, pendekatan saintifik, profil guru, standar proses PB - Fakultas Mipa TI - PROFIL GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN RAJABASA BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -