%0 Generic %A GRACIA GESTA NAWANGSASI, 0913043002 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:4125 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T APPLICATION OF VISUAL AUDIO MEDIA ON LEARNING SIGEH PENGUTEN DANCE IN SMP NEGERI 1 BATANGHARI CLASS VIII EAST LAMPUNG PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BATANGHARI LAMPUNG TIMUR %U http://digilib.unila.ac.id/4125/ %X The purpose of this study was to describe the application of visual audio media on learning sigeh penguten dance in SMP Negeri 1 Batanghari East Lampung. This research method uses a descriptive qualitative. Data collection techniques used in this study is the method of observation, interview and documentation. Sources of data used in this study were eighth grade students participated in extracurricular dance SMP Negeri 1 Batanghari in East Lampung totaling 15 students. The instrument in this study using the observation guide, interview guides, documentation guide, guide student activity assessment, and assessment guides practice test. Data analysis techniques used in this study is data reduction, data display, and verification. The theory used learning and visual audio media theory. Visual audio media as defined in this study is sound and image equipment which is used as the interaction and delivery of information about sigeh penguten dance. Application of visual audio media on learning sigeh penguten dance learning several stages beginning with the provision of material sigeh penguten dance using visual audio media, then practice range of motion, and evaluate it. Learning outcomes using visual audio media in sigeh penguten dance have either category. The results of the study in terms of the value of mobility of 76.7 (good), the precision of motion with the musical accompaniment of 86.5 (excellent) and expressions while dancing at 77.7 (good). Overall results of this study have a value of 81.7 is categorized well. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media audio visual dalam pembelajaran tari sigeh penguten di kelas VIII SMP Negeri 1 Batanghari Lampung Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler seni tari di SMP Negeri 1 Batanghari Lampung Timur berjumlah 15 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan panduan observasi, panduan wawancara, panduan dokumentasi, panduan penilaian aktivitas siswa, dan panduan penilaian tes praktik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teori yang digunakan adalah teori pembelajaran dan media audio visual. Media audio visual yang dimaksud dalam penelitian ini adalah peralatan suara dan gambar yang digunakan sebagai interaksi dan penyampaian informasi tentang tari sigeh penguten. Penerapan pembelajaran tari sigeh penguten menggunakan media audio visual melalui beberapa tahapan yaitu diawali dengan pemberian materi tari sigeh penguten menggunakan media audio visual, kemudian mempraktikan ragam gerak, dan mengevaluasinya. Hasil pembelajaran menggunakan media audio visual pada tari sigeh penguten memiliki kategori baik. Hasil penelitian ditinjau dari nilai kemampuan gerak sebesar 76,7 (baik), ketepatan gerak dengan musik iringan sebesar 86,5 (baik sekali) dan ekspresi saat menari sebesar 77,7 (baik). Hasil secara keseluruhan dari penelitian ini memiliki nilai 81,7 yang berkategori baik.