TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints4132 UR - http://digilib.unila.ac.id/4132/ A1 - AGTIFAH SARI, 1013031075 Y1 - 2014/05/20/ N2 - Penelitian ini membahas rendahnya hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bandar Lampung sebanyak 12 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 343 orang. Pencarian sampel dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel adalah probability sample dengan menggunakan simple random sampling. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan regresi linier sederhana. Pengujian hipotesis ketiga menggunakan regresi linier multiple didapat sampel sebanyak 185 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Berdasarkan analisis data dinyatakan bahwa: (1) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014, (2) ada pengaruh pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014, (3) ada pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Kata Kunci: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, dan Pemanfaatan Sarana Belajar PB - FAKULTAS ISIP TI - PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PEMANFAATAN SARANA BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -