TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints4141 UR - http://digilib.unila.ac.id/4141/ A1 - DWI LESTARI, 0913031037 Y1 - 2014/06/27/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri, Intelligence Quotient (IQ), iklim sekolah, dan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS semester genap SMA Negeri 1 Kotagajah tahun pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kotagajah semester genap tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 74 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling dengan menggunakan rumus Taro Yamane didapat sampel sebanyak 62 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis regresi. Untuk menguji hipotesis pertama, kedua, ketiga, dan keempat menggunakan regresi linier sederhana dengan uji t, sedangkan untuk menguji hipotesis kelima menggunakan regresi linier multiple dengan uji F. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: 1. Ada pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel sebesar 5,691 > 2,000 dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,592 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,351. 2. Ada pengaruh intelligence quotient terhadap hasil belajar ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel sebesar 6,306 > 2,000 dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,140 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,402. 3. Ada pengaruh iklim sekolah terhadap hasil belajar ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel sebesar 4,819 > 2,000 dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,230 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,253. 4. Ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel sebesar 4,459 > 2,000 dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,411 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,269. 5. Ada pengaruh konsep diri, intelligence quotient, iklim sekolah, dan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel sebesar 58,832 > 2,557 dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,622 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,487. Kata kunci : konsep diri (X1), intelligence quotient (X2), iklim sekolah (X3), dan persepsi siswa tentang kompetensi guru (X4), dan hasil belajar (Y PB - FAKULTAS KIP TI - PENGARUH KONSEP DIRI, INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ), IKLIM SEKOLAH, DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -