TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints4158 UR - http://digilib.unila.ac.id/4158/ A1 - Sri Surani Kurniawati, 1013053092 Y1 - 2014/09/10/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa mengkomunikasikan materi yang dipelajarinya kepada sesama teman dan hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas IVB SD Negeri 05 Metro dengan menerapkan teknik Example Non-Example. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisisi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan kemampuan berkomunikasi siswa ?baik dan sangat baik? siklus I sebesar 50%, siklus II sebesar 57,14%, dan siklus III 77,78%. Persentase hasil belajar sikap ?baik dan sangat baik? siklus I sebesar 46,43%, siklus II sebesar 64,28%, dan siklus III sebesar 85,18%. Persentase hasil belajar keterampilan ?baik dan sangat baik? siklus I sebesar 46,43%, siklus II sebesar 71,43%, dan siklus III sebesar 85,18%. Nilai rata-rata hasil belajar pengetahuan siklus I sebesar 59,25 dengan siswa yang mendapat kriteria baik dan sangat baik sebanyak 15 siswa (53,57%). Pada siklus II, nilai rata-rata adalah 64,82 dengan siswa yang mendapat kriteria baik dan sangat baik sebanyak 20 siswa (71,43%). Dan nilai rata-rata pada siklus III sebesar 75,56 dengan siswa yang mendapat kriteria baik dan sangat baik sebanyak 22 siswa (81,48%). Hal tersebut berarti penerapan teknik Example Non-Example dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENERAPAN TEKNIK EXAMPLE NON-EXAMPLE UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB SD NEGERI 05 METRO TIMUR AV - restricted ER -