%0 Generic %9 Other %A Ni Nengah Lady Prasanti, 1013053021 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:4177 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGGUNAAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA KELOMPOK DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IVB SD NEGERI 1 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/4177/ %X ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas IVB SD Negeri 1 Metro Pusat. Untuk mengoptimalkan motivasi dan hasil belajar pembelajaran tematik maka penelitian ini menggunakan metode inquiry sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang membuat siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi kerja kelompok dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan metode inquiry. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpul data dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode inquiry dalam proses pembelajaran tematik dapat meningkatkan motivasi kerja kelompok dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat motivasi kerja kelompok dari siklus I sebesar 61,6 dengan predikat cukup, siklus II sebesar 68,9 dengan predikat baik dan pada siklus III sebesar 80 dengan predikat baik, sedangkan rata- rata hasil belajar siklus I sebesar 65,2 dengan predikat cukup siklus II nilai rata- rata sebesar 70 dengan predikat baik dan siklus III sebesar 80 dengan predikat baik. Kata kunci: hasil belajar , metode inquiry, motivasi kerja kelompok.