TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints4191 UR - http://digilib.unila.ac.id/4191/ A1 - Tetty Purnama, 1013031070 Y1 - 2014/05/22/ N2 - Hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi proses belajar mengajar. Hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014 masih belum optimal, hal terlihat dari hasil Ujian Tengah Semester Ganjil. Untuk meningkatkan hasil belajar perlu ditingkatkan penggunaan media ICT oleh siswa, pemanfaatan fasilitas belajar disekolah dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media ICT oleh siswa dan pemanfaatan fasilitas belajar melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 247 siswa dengan sampel 150 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Cochran. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan uji regresi linier dengan analisis jalur (path Analysis). Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. 1) Ada pengaruh Penggunaan Media ICT Oleh Siswa terhadap Motivasi Belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014; 2) Ada pengaruh pemanfaatan Fasilitas Belajar di sekolah terhadap Motivasi Belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014; 3) Ada hubungan antara motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah; 4) Ada pengaruh langsung Penggunaan Media ICT Oleh Siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014; 5) Ada pengaruh langsung pemanfaatan Fasilitas Belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014; 6) Ada pengaruh Motivasi Belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014; 7) Ada pengaruh Penggunaan Media ICT Oleh Siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu melalui Motivasi Belajar siswakelas VIII SMP Negeri 23 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014; 8) Ada pengaruh pemanfaatan Fasilitas Belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu melalui Motivasi Belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014; 9) Ada pengaruh Penggunaan Media ICT Oleh Siswa dan pemanfaatan Fasilitas Belajar di sekolah secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014; 10) Ada pengaruh Penggunaan Media ICT Oleh Siswa, pemanfaatan Fasilitas Belajar di sekolah dan Motivasi Belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014 Kata kunci : hasil belajar IPS Terpadu, motivasi belajar siswa, pemanfaatan fasilitas belajar, dan penggunaan media ICT. PB - FAKULTAS KIP TI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ICT OLEH SISWA DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DISEKOLAH MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -