TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints4193 UR - http://digilib.unila.ac.id/4193/ A1 - Renni Suryani, 1013031012 Y1 - 2014/05/08/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 10 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektifitas antara model pembelajaran talking stick dan snowball drilling, serta untuk mengetahui peran kemampuan awal yang dimiliki siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Bandar Lampung dalam pencapaian hasil belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan rumus varians dua jalur dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: (1) ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu antara model pembelajaran talking stick dan snowball drilling, (2) hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model talking stick lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model snowball drilling pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, (3) hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran talking stick lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan model snowball drilling pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah, (4) ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Kata kunci: hasil belajar, kemampuan awal, model pembelajaran, snowball drilling, dan talking stick. PB - FAKULTAS KIP TI - STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DAN TIPE SNOWBALL DRILLING DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -