creators_name: RIA SETIAWATI, 0113033056 type: other datestamp: 2014-10-17 02:34:19 lastmod: 2014-10-17 02:34:19 metadata_visibility: show title: MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DI SMA SWADHIPA NATAR TAHUN AJARAN 2013/2014 ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Minat merupakan rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti ke SMA Swadhipa Natar, diketahui bahwa minat belajar sejarah masih rendah. Hal ini terlihat dari aktivitas belajar siswa pada observasi pendahuluan terdapat 36,67% yang aktif, sedangkan siswa yang kurang aktif selama pembelajaran mencapai 63,33%. Aktivitas pembelajaran seperti memperhatikan penjelasan guru, mengerjakan tugas secara mandiri dan bertanya saat proses pembelajaran masih kurang terlihat. Untuk mengatasi hal tersebut guru perlu menerapkan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara optimal. Salah satunya dengan menerapkan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Model pembelajaran ini juga menuntut siswa agar aktif, berpikir kritis, dan berani mengemukakan pendapatnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write SMA Swadhipa Natar tahun ajaran 2013/2014?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write SMA Swadhipa Natar tahun ajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif di mana teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, kuesioner, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write di SMA Swadhipa Natar tahun ajaran 2013/2014 dikategorikan dalam minat belajar sedang dengan aktivitas belajar yang dominan yaitu aktivitas siswa mencatat materi yang dijelaskan oleh guru. Data tersebut diketahui pada tiga kali eksperimen terdapat dua kali yang dikategorikan dalam minat belajar sedang, dan satu kali eksperimen dikategorikan dalam kategori minat belajar yang tinggi. date: 2014-06-26 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung citation: RIA SETIAWATI, 0113033056 (2014) MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DI SMA SWADHIPA NATAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/4197/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4197/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4197/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4197/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4197/5/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4197/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4197/7/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4197/8/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4197/9/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4197/10/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4197/11/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4197/12/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4197/13/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4197/14/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4197/15/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4197/16/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4197/17/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4197/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf