%A ETI RUZIANA Maulazi %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW (THINK TALK WRITE) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Ngambur Pesisir Barat Tahun Pelajaran 2013-2014) %X Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan posttest-only control-group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ngambur Pesisir Barat Tahun Pelajaran 2013-2014 dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IXA dan IXC yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini merupakan data kuantitatif kemampuan komunikasi matematis yang diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis siswa yang berbentuk uraian. Dari penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TTW efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX Semester Ganjil SMP Negeri 2 Ngambur Pesisir Barat Tahun Pelajaran 2013-2014. Kata Kunci : Efektivitas, Kemampuan Komunikasi Matematis, Think Talk Write %C Universitas Lampung %D 2013 %I Fakultas MIPA %L eprints42