%0 Generic %A YESI SATRIA, 1011031115 %C Unila %D 2014 %F eprints:4206 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %T ANALISIS PENGARUH MOTIVASI MANAJER DAN ASIMETRI INFORMASI TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA %U http://digilib.unila.ac.id/4206/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh motivasi manajer dan asimetri informasi terhadap praktik manajemen laba. Menurut teori Agency, masing-masing individu semata-mata termotivasi oleh kepentingan diri sendiri sehingga menimbulkan konflik kepentingan antara principal dan agent. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor industri food and beverages tahun 2009-2012 di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil purposive sampling diperoleh 17 perusahaan yang mempresentasikan 94,44% dari populasi sebanyak 18 perusahaan food and beverages. Dalam penelitian ini, manajemen laba diukur dengan menggunakan model Friedlan untuk menghitung discretionary accruals. Motivasi manajer diukur dengan menggunakan motivasi debt covenant. Untuk mengidentifikasi debt covenant adalah dengan menggunakan Debt To Equity Ratio, suatu proksi dari tingkat laverage. Dan untuk variabel asimetri informasi dilakukan pengukuran dengan menggunakan cummulative abnormal return. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan software SPSS versi 17.00. Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa secara empiris variabel motivasi manajer memiliki pengaruh signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan variabel asimetri informasi tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Kata kunci : Manajemen laba, discretionary accruals, motivasi manajer, asimetri informasi