%A 1223031038 SYAMSI %T STUDI PERBANDINGAN MORALITAS SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP TERHADAP PELAJARAN IPS %X Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan moralitas antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model VCT dan STAD pada mata pelajaran IPS, (2) perbedaan moralitas siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran VCT dan STAD bagi siswa yang memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran IPS, (3) perbedaan moralitas siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran VCT dan STAD bagi siswa yang memiliki sikap negatif terhadap mata pelajaran IPS, (4) interaksi antara model pembelajaran dan sikap siswa pada mata pelajaran IPS terhadap moralitas siswa. Populasi penelitian ini siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kotabumi tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif dengan desain penelitian treatment by level. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengambilan data meliputi observasi, wawancara dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis disimpulkan: (1) ada perbedaan moralitas antara siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran VCT dan STAD pada mata pelajaran IPS, (2) pada siswa yang memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran IPS, moralitas siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran VCT lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran STAD, (3) pada siswa yang memiliki sikap negatif terhadap mata pelajaran IPS, moralitas siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran STAD lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran VCT, (4) ada interaksi antara pengguaan model pembelajaran dan sikap siswa pada mata pelajaran IPS terhadap moralitas siswa. Kata Kunci : Model pembelajaran VCT, model pembelajaran STAD, moralitas serta sikap sterhadap mata pelajaran %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KIP %L eprints4213