creators_name: Rahmania, 1223012016 creators_id: rahmaniaakip@gmail.com type: other datestamp: 2014-10-17 02:18:12 lastmod: 2014-10-17 02:18:12 metadata_visibility: show title: PENGARUH KONSEP DIRI, MOTIVASI BERPRESTASI DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU SMP DI KECAMATAN TANJUNG RAYA MESUJI ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh: 1) konsep diri terhadap kompetensi paedagogik guru, 2) motivasi berprestasi terhadap kompetensi paedagogik guru, 3) supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi paedagogik guru, serta 4) konsep diri, motivasi berprestasi dan supervisi akademik kepala sekolah secara simultan terhadap kompetensi paedagogik guru SMP di Kecamatan Tanjung Raya Mesuji. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Sampel menggunakan rumus Slovin sebanyak 110 dari 152 guru yang mengajar di SMP di Kecamatan Tanjung Raya Mesuji. Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasional dan regresi baik secara sederhana maupun ganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan korelasi Product Moment dan korelasi ganda, yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang positif antara konsep diri terhadap kompetensi paedagogik guru, mengandung arti bahwa semakin baik konsep diri guru maka semakin baik pula kompetensi paedagogiknya, 2) Terdapat pengaruh yang positif antara motivasi berprestasi terhadap kompetensi paedagogik guru, mengandung arti bahwa semakin baik motivasi berprestasi guru maka semakin baik pula kompetensi paedagogiknya, 3) Terdapat pengaruh yang positif antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi paedagogik guru, mengandung arti bahwa semakin baik supervisi akademik kepala sekolah maka semakin baik pula kompetensi paedagogik guru, 4) terdapat pengaruh yang positif antara konsep diri, motivasi berprestasi dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi paedagogik guru, mengandung arti bahwa semakin baik konsep diri dan motivasi berprestasi guru serta persepsi guru mengenai supervisi akademik kepala sekolah maka semakin baik pula kompetensi paedagogiknya. Kata kunci: konsep diri, motivasi berprestasi, supervisi akademik kepala sekolah dan kompetensi paedagogik guru date: 2014-07-10 date_type: published publisher: FAKULTAS KIP place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Rahmania, 1223012016 (2014) PENGARUH KONSEP DIRI, MOTIVASI BERPRESTASI DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU SMP DI KECAMATAN TANJUNG RAYA MESUJI. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/4228/1/ABSTRACT.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4228/2/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4228/3/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4228/4/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4228/5/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4228/6/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4228/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4228/8/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4228/9/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4228/10/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4228/11/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4228/12/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4228/13/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4228/14/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4228/15/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4228/16/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4228/17/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf