%0 Generic %9 Other %A Endang Fitriyanti, 0743022021 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:4229 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI %U http://digilib.unila.ac.id/4229/ %X Berdasarkan penelitian yang dilakukan masih banyak guru yang menggunakan pembelajaran konvensional sebagai alternatif yang sering digunakan di kelas sehingga siswa sulit dalam menerima, merespon, dan mengembangkan materi yang diberikan oleh guru, sehingga hasil belajar siswa tidak meningkat. Penelitian ini membandingkan hasil belajar fisika antara pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen dan demonstrasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan rata-rata hasil belajar fisika antara pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen dan demonstrasi, (2) Hasil belajar fisika yang lebih tinggi antara pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen dan demonstrasi. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 di SMA Al-azhar 3 Bandar Lampung. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X pada semester ganjil sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas X3 sebagai kelas yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode demonstrasi dan kelas X8 sebagai kelas yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling. Desain Eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah: (1) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar fisika antara pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen dan demonstrasi, (2) Hasil belajar fisika yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan metode demonstrasi. Dimana rata-rata nilai hasil belajar fisika pada kelas eksperimen yaitu 80,13 sedangkan pada kelas demonstrasi yaitu 68,75. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan metode demonstrasi. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Inkuiri Terbimbing, Metode Demonstrasi, Metode Eksperimen.