@misc{eprints425, month = {Mei}, title = { PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN TEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION PADA TEMA LINGKUNGAN KELAS 11 SDN 8 BANDAR LAMPUNG 2013 }, author = {ENDANG TITIHANI H. Sasongko }, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/425/}, abstract = { Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan [1] meningkatkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Group Investigation , [ 2 ] dan meningkatkan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran dengan model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam 2 siklus . Data dikumpulkan melalui observasi dan tes kemudian dianalisis dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Pada siklus I (64,80\%) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi (81.20\%) kategori Baik Sekali. Hasil kinerja guru pada siklus 1 mendapat (72,57\%) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi (89,14 \%), dengan kategori Baik sekali. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 66,66\% (19 siswa) dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 96,66\% (29 siswa). Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, kooperatif, dan penguasaan konsep } }