%0 Generic %A H. Sasongko , ENDANG TITIHANI %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:425 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN TEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION PADA TEMA LINGKUNGAN KELAS 11 SDN 8 BANDAR LAMPUNG 2013 %U http://digilib.unila.ac.id/425/ %X Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan [1] meningkatkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Group Investigation , [ 2 ] dan meningkatkan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran dengan model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam 2 siklus . Data dikumpulkan melalui observasi dan tes kemudian dianalisis dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Pada siklus I (64,80%) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi (81.20%) kategori Baik Sekali. Hasil kinerja guru pada siklus 1 mendapat (72,57%) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi (89,14 %), dengan kategori Baik sekali. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 66,66% (19 siswa) dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 96,66% (29 siswa). Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, kooperatif, dan penguasaan konsep