%0 Generic %A Harsono Asmoro, Heru Yudha Kesuma %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:427 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 KEDAUNG KECAMATAN PARDASUKA KABUPATEN PRINGSEWU %U http://digilib.unila.ac.id/427/ %X Berdasarkan hasil observasi awal di SD Negeri 2 Kedaung menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa kelas VI masih rendah dan hasil belajar belajar siswa masih banyak yang di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 2 Kedaung dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa lembar observasi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, dan untuk mengetahui hasil belajar digunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran lerning cycle dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA. Keterampilan proses sains siswa pada siklus I dengan kategori cukup baik, meningkat menjadi baik pada akhir siklus II. Kinerja guru pada siklus I memperoleh kategori cukup baik, meningkat pada akhir siklus II dengan kategori baik. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 39,13%, meningkat menjadi 91,30% pada akhir siklus II. Kata kunci: learning cycle, keterampilan proses sains, hasil belajar