%0 Generic %A Revi Firnando, 1013051068 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:4270 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KETERSEDIAAN SARANA BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PENJASORKES PADA SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 1 KOTABUMI %U http://digilib.unila.ac.id/4270/ %X Masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah ada atau tidaknya pengaruh persepsi siswa mengenai metode mengajar (X1) dan ketersediaan sarana belajar (X2) terhadap hasil belajar Penjasorkes (Y) siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kotabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar dan ketersediaan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar Penjasorkes pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kotabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Kotabumi sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 189 siswa. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan probality sampling didapat sampel yang berjumlah 128 siswa. Untuk menguji hipotesis pertama dan kedua digunakan regresi linier sederhana sedangkan hipotesis ketiga menggunakan regresi multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar Penjasorkes siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Kotabumi. (2) Ada pengaruh ketersediaan sarana belajar di sekolah terhadap hasiil belajar Penjasorkes siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Kotabumi. (3) Ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan ketersediaan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar Penjasorkes siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Kotabumi. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode, Sarana