TY - GEN CY - Unila ID - eprints4286 UR - http://digilib.unila.ac.id/4286/ A1 - Andi Antonika, 0914051021 Y1 - 2014/07/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku mahasiswa Universitas Lampung dan berbagai faktor dominan yang mempengaruhi perilaku mahasiswa dalam proses pengambilan keputusan pembelian produk pangan halal. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode survei menggunakan kuisioner terhadap 100 responden mahasiswa. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor dengan metode Kaiser-Meyer-Olkin (KMO) dan Principal Component Analysis. Berdasarkan penelitian, tahapan dalam proses pengambilan keputusan pembelian produk pangan halal meliputi pengenalan kebutuhan (lapar 30% dan gaya hidup 30%), pencarian informasi (melihat secara langsung 41% dan pertemuan agama 19,9%), evaluasi alternatif (melihat tanggal kadaluarsa 34% dan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari babi 29%), keputusan pembelian (selalu melihat label halal 85% dan tidak jadi membeli tanpa label halal 51%) dan pasca pembelian produk pangan halal (merasa ragu makan dikantin kampus 54% dan perlu diberikan sertifikat halal setiap kantin 93%). Hasil Analisis faktor yang dilakukan pada variabel-variabel yang mempengaruhi proses keputusan pembelian produk pangan halal dalam tingkat kepentingan mahasiswa mengahasilkan empat faktor utama. Faktor pertama adalah faktor atribut produk (merk produk, komposisi produk dan tanggal produksi), faktor kedua adalah faktor internal (pendapatan /anggaran, motivasi membeli produk dan gaya hidup), selanjutnya faktor ketiga adalah faktor budaya/agama (keberadaan label halal dan sertifikat halal), sedangkan faktor keempat yang merupakan faktor terakhir adalah faktor eksternal (pengaruh penjual, tempat membeli produk dan harga produk). Kata kunci : mahasiswa, pangan halal, perilaku, pembelian PB - FAKULTAS PERTANIAN TI - ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PANGAN HALAL (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Lampung AV - restricted ER -