TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints4288 UR - http://digilib.unila.ac.id/4288/ A1 - ANGGER BUDI ANGKASA, 0813051006 Y1 - 2014/05/28/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran gerak dasar kayang pada siswa kelas IV SD Negeri Pujodadi Pringsewu tahun pelajaran 2013/2014, dengan menggunakan bantuan teman, bantuan dinding dan bantuan gymball . Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)dengan menggunakan tiga siklus. Sedangkan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 16 laki-lakidan 10 perempuan.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan skala observasi penilaian gerak dasar kayang. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa penilaian siklus pertama dengan penggunaan metode pembelajaran gerak dasar kayang yang dibantu dengan teman diperoleh persentase keberhasilan ketuntasan belajar 26,92%, sedangkan tingkat efektivitas 44,93% itu berarti tindakan belum efektif. Pada siklus kedua dengan metode pembelajaran gerak dasar kayang dengan bantuan dinding diperoleh persentase keberhasilan ketuntasan belajar 46,16%, sedangkan tingkat efektivitas 49,80% itu berarti tindakan belum efektif. Pada siklus ketiga dengan metode pembelajaran gerak dasar kayang dengan bantuan alat gymballdiperoleh persentase keberhasilan ketuntasan belajar 84,61%, dengan perhitungan tingkat efektivitas 78,07%. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pembelajaran senam lantai khususnya materi gerak dasar kayang dengan alat bantu dapat memperbaiki dan meningkatkan gerak dasar kayang pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Pujodadi Pringsewu Kata Kunci :Peningkatan, Gerak Dasar Kayang, BantuanTeman, Dinding, Dan Gymball. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GERAK DASAR KAYANG DENGAN BANTUAN TEMAN, DINDING DAN GYMBALL PADA SISWA KELAS IV SDNEGERI 4 PUJODADI PRINGSEWU AV - restricted ER -