?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGGUNAAN+MEDIA+KARTU+GAMBAR+UNTUK+MENINGKATKAN+++AKTIVITAS+DAN+PRESTASI++BELAJAR++MATA+PELAJARAN++%0D%0ABAHASA+INDONESIA+PADA+SISWA++KELAS+3++SD+NEGERI+2+GUNUNG+TERANG++%0D%0ABANDAR+LAMPUNG+&rft.creator=H.Masykur%2C+ERWIN+MASYKUR+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=+%0D%0APenelitian+ini+bertujuan+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+prestasi+belajar+mata+pelajaran+Bahasa+Indonesia+melalui+penggunaan+media+Kartu+Gambar+pada+kelas+3+SDN+2+Gunung+Terang++Bandarlampung.++Penelitian+ini+merupakan+penelitian+tindak+kelas+(Classroom+Action+Research)+yang+dilakukan+dalam+dua+siklus+dengan+empat+tahap+tindakan+pada+masingmasing+siklus%2C+yaitu%3A+perencanaan+(planning)%2C+implementasi+(tindakan)%2C+observasi+(pengamatan)+dan+refleksi.+Setiap+siklus+dilaksanakan+dalam+dua+kali+pertemuan.+Di+akhir+pelaksanaan+setiap+siklus+dilakukan+tes+peningkatan+hasil+belajar+menggunakan+soal+isian.+Skor+dari+hasil+tes+tersebut+digunakan+untuk+menentukan+pencapaian+KKM+oleh+siswa+yang+akan+menunjukkan+keberhasilan+belajar+siswa.+++Hasil++penelitian+ini+menunjukkan+adanya+peningkatan+aktivitas+dan+prestasi++belajar+siswa+pada+pembelajaran+Bahasa+Indonesia+dengan+menggunakan+media+kartu+gambar.+Hal+tersebut+dapat+dilihat+dari+hasil+penelitian+yang+menunjukkan+bahwa+ada+peningkatan+aktivitas+belajar+dari+sebelum+tindakan%2C+setelah+dilaksanakannya+Siklus+I+sebesar+69%2C9%25+dan++Siklus+II+sebesar+79%25.+Peningkatan+nilai+aktivitas+mencapai+9%2C1%25.+Prestasi+belajar+siswa+kelas+3+SD+Negeri+2+Gunung+Terang+pada+pelajaran+Bahasa+Indonesia+meningkat%2C+yaitu+dengan+rata-rata+65%2C9+dan+ketuntasan+68%25+pada+Sikus+I%2C+meningkat+menjadi+71%2C8+dan+ketuntasan+84%25+pada+Siklus+II.+Peningkatan+jumlah+siswa+yang+tuntas+mencapai+angka+16%25.+Berdasarkan+hal+tersebut%2C+maka+dapat+disimpulkan+bahwa+aktivitas+dan+prestasi+belajar+mata+pelajaran+Bahasa+Indonesia+kelas+3+SDN+2+Gunung+Terang+Bandarlampung+meningkat+dengan+menggunakan+media+kartu+gambar.++++Kata+Kunci%3A+Aktivitas+dan+Prestasi+Belajar%2C+Pembelajaran+Bahasa+Indonesia%2C++++++++++++++++++++++++Media+Kartu+Gambar.+%0D%0A+&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2013-10-17&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F429%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F429%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F429%2F3%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F429%2F4%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F429%2F5%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F429%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F429%2F7%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F429%2F8%2FDAFTAR%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F429%2F9%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F429%2F10%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F429%2F11%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F429%2F12%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F429%2F13%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F429%2F14%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F429%2F15%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++H.Masykur%2C+ERWIN+MASYKUR+++(2013)+PENGGUNAAN+MEDIA+KARTU+GAMBAR+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+PRESTASI+BELAJAR+MATA+PELAJARAN+BAHASA+INDONESIA+PADA+SISWA+KELAS+3+SD+NEGERI+2+GUNUNG+TERANG+BANDAR+LAMPUNG.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F429%2F