?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPS+MELALUI++PENDEKATAN+CONTEXTUAL+TEACHING+AND+LEARNING+(CTL)+%0D%0APADA+SISWA+KELAS+V+SD+NEGERI+GUNUNG+MULYO+TAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013+&rft.creator=Komang+Suarka%2C+NI+SAYU+KADEK+YULIANTARI+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=+%0D%0ABerdasarkan+data+awal+yang+diperoleh+di+SD+Negeri+Gunung+Mulyo+yaitu++hasil+belajar+siswa+pada+ulangan+tengah+semester+ganjil+pelajaran+IPS+tanggal+11+Oktober+2012+masih+sangat+rendah.+Sejumlah+10+siswa+(34%2C5%25)+siswa+tuntas%2C++sedangkan+19+siswa+(65%2C5%25)+siswa+belum+tuntas.+Berdasarkan+kenyataan+di+atas+penulis+menerapkan+pembelajaran+Contextual+Teaching+And+Learning+(CTL)+yang+bertujuan+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+pada+pembelajaran+IPS.+Penelitian+ini+melibatkan+29+siswa%2C+terdiri+dari+15+siswa+laki-laki+dan+14+siswa+perempuan%2C+kelas+V+di+SD+Negeri+Gunung+Mulyo+pada+semester+genap+Tahun+Pelajaran+2012%2F2013.++%0D%0APenelitian+ini+menggunakan+metode+Penelitian+Tindakan+Kelas+dengan+menggunakan+dua+siklus.+Masing-masing+siklus+terdiri+dari+empat+tahap%2C+yakni+perencanaan%2C+pelaksanaan%2C+pengamatan%2C+dan+refleksi.+Teknik+pengumpulan+data+menggunakan+lembar+observasi+dan+tes+hasil+belajar.+Selanjutnya+data+dianalisis+dengan+analisis+kulitatif+dan+analisis+kuantitatif.++%0D%0ADari+hasil+analisis+data+menunjukkan+bahwa+penggunaan+pembelajaran+CTL+dalam+proses+pembelajaran+IPS+siswa+kelas+V+SD+Negeri+Gunung+Mulyo+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.+Hal+ini+dapat+dilihat+dari+persentase+rata-rata+aktivitas+siswa+pada+siklus+I+62%2C84%25+mengalami+peningkatan+pada+siklus+II+menjadi+76%2C54%25.+Sementara+nilai++rata-rata+hasil+belajar+siswa+pada+siklus+I+59%2C65%2C+meningkat+pada+siklus+II+menjadi+73%2C79.+Ketuntasan+siswa+pada+siklus+I+sebesar+55%2C17%25+mengalami+peningkatan+pada+siklus+II+menjadi+79%2C31%25.+++Kata+kunci%3A+aktivitas%2C+hasil+belajar%2C+pembelajaran+Contextual+Teaching+And+%0D%0A+%0D%0ALearning+(CTL).+&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2013-04-07&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F431%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F431%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F431%2F3%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F431%2F4%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F431%2F5%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F431%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F431%2F7%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F431%2F8%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F431%2F9%2FDAFTAR%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F431%2F10%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F431%2F11%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F431%2F12%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F431%2F13%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F431%2F14%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F431%2F15%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F431%2F16%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Komang+Suarka%2C+NI+SAYU+KADEK+YULIANTARI+++(2013)+PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPS+MELALUI+PENDEKATAN+CONTEXTUAL+TEACHING+AND+LEARNING+(CTL)+PADA+SISWA+KELAS+V+SD+NEGERI+GUNUNG+MULYO+TAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F431%2F