TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints4327 UR - http://digilib.unila.ac.id/4327/ A1 - Ferdi Pratama, 0916011037 Y1 - 2014/06/16/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan pasien rawat inap pengguna jamkesmas tentang hak-haknya sebagai pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Akses terhadap pelayanan kesehatan yang telah dijamin oleh Negara melalui jamkesmas belum seutuhnya terealisasi sebagaiamana mestinya. Faktanya masih banyak penyimpangan yang terjadi selama penyelenggaraan jamkesmas. Pasien sebagai konsumen kesehatan memiliki hak perlindungan dari kemungkinan upaya pelayanan kesehatan yang tidak bertanggung jawab yang diatur dalam UU No. 8 Tahun 1999. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat pemilik jamkesmas belum memahami dengan baik hak ? hak yang mereka miliki. Pasien yang mengerti akan hak dan kewajibannya serta mengetahui dasar hukum dimana ia patut mendapatkan perlindungan, merupakan sebuah nilai penting untuk menguatkan posisinya di hadapan semua pihak yang terlibat di dalam pelayanan kesehatan tak terkecuali pasien di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar lampung. RSUD Dr. H. Abdul Moeloek sebagai Rumah Sakit Rujukan tertinggi di provinsi Lampung sudah seharusnya menjadi rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan sesuai UU dan peraturan yang berlaku. Kata kunci : Pengetahuan, pelayanan kesehatan, pasien, jamkesmas, rumah sakit, hak. PB - FAKULTAS ISIP TI - TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN TENTANG HAK-HAK DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN (Studi pada pasien rawat inap pengguna Jamkesmas di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung) AV - restricted ER -