@misc{eprints4333, month = {Juni}, title = {PENGARUH KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL (GAMBAR, GRAFIK, DAN MODEL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI AJAR DINAMIKA PARTIKEL}, author = {1013022074 ISMI DWI MUSTIKA ARUM}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ISIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/4333/}, abstract = {Materi dinamika partikel khususnya Hukum Newton menuntut kemampuan siswa dalam menganalisis dan menguraikan arah-arah gaya pada suatu sistem untuk membantu mereka dalam memahami suatu konsep. Guru perlu memilih suatu representasi visual yang ditunjang dengan representasi lain dalam menyajikan materi supaya siswa lebih mudah dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan representasi visual (gambar, grafik, model) terhadap hasil belajar siswa pada materi ajar dinamika partikel. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII1 SMP Negeri 1 Gadingrejo dengan jumlah 31 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 dengan sub materi Hukum Newton. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh data kemampuan representasi visual dan hasil belajar siswa yang kemudian diuji normalitas dan linieritasnya sebagai prasyarat uji regresi dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal dan linier. iii Ismi Dwi Mustika Arum Hasil uji regresi yang dilakukan menunjukkan nilai R square sebesar 0,666 yang berarti bahwa pengaruh kemampuan representasi visual terhadap hasil belajar siswa sebesar 66,6\% dengan koefisien korelasi yang positif sebesar 0,816 menunjukkan kedua variabel memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan persamaan regresi Y = 22,316 + 0,770X. Hasil analisis juga menunjukkan nilai thitung sebesar 7,603 dan signifikansi 0,000 sedangkan nilai ttabel sebesar 2,045. Dengan ketentuan thitung {\ensuremath{>}} ttabel dan signifikansi {\ensuremath{<}} 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi visual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: kemampuan representasi visual dan hasil belajar.} }