@misc{eprints4337, month = {Juni}, title = {PENGEMBANGAN LKS DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN}, author = {1013022006 MEITIKASARI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/4337/}, abstract = {Media pembelajaran sangat penting karena merupakan salah satu komponen untuk mendukung proses pembelajaran, agar tercapainya tujuan pembelajaran. Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) SMP/MTs pada pokok bahasan kalor dan perpindahannya yang berisi materi, kegiatan praktikum, dan terdapat soal-soal evaluasi, serta dilengkapi dengan muatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan. Pengembangan LKS dengan tujuan mengembangkan maupun mengetahui kemanfaatan, kemudahan, kegunaan dan keefektifan produk yang dilihat dari hasil belajar siswa yang mencakup aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan, serta menghasilkan produk berupa LKS dalam pembelajaran sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan bagi siswa SMP/MTs kelas VII. Pengembangan ini diawali dengan tahap analisis kebutuhan yang menghasilkan bahwa perlunya dikembangkan LKS berkarakter, tahap kedua identifikasi sumber daya yang dimiliki sekolah masih kurang sehingga sangat dibutuhkan media pembelajaran. Identifikasi spesifikasi produk menghasilkan format LKS yang Meitikasari akan dikembangakan. Tahap selanjutnya pengembangan produk dengan menggunakan format LKS yang telah ditentukan sehingga menghasilkan prototipe 1. Tahap uji internal diperoleh skor 3,1 (baik) untuk uji materi, dan skor 3 (menarik) untuk uji desain sehingga dihasilkan prototipe II. Selanjutnya Uji eksternal pada uji satu lawan satu diperoleh skor kemenarikan 3,4 (sangat menarik), skor kemudahan 3,7 (sangat mudah), dan skor kemanfaatan 3,6 (sangat bermanfaat), sehingga dapat dilanjutkan dengan uji kelompok kecil atau uji lapangan, maka diperoleh skor kemenarikan 3,55 (sangat menarik), skor kemudahan 3,57 (sangat mudah), dan skor kemanfaatan 3,5 (sangat bermanfaat). Tahap produksi yang diperoleh produk berupa media pembelajaran kalor dan perpindahannya yang berbentuk media cetak. Ketuntasan belajar siswa dilihat dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan dengan skor rata-rata 3,35 (sangat baik). Hasil belajar siswa sebesar 83,7\% telah tuntas KKM dengan nilai rata-rata 81,1, ini menunjukan bahwa LKS yang dikembangan sudah efektif. Kata kunci: LKS pembelajaran sains, nilai kecintaan terhadap lingkungan, nilai ketuhanan.} }