?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=+%0D%0APENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPS++MELALUI+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+%0D%0A+TIPE+STAD+PADA+SISWA+KELAS+IV+SDN+5++METRO+SELATAN+KOTA+METRO++%0D%0ATAHUN+PELAJARAN+2013%2F2014++&rft.creator=.%2C+Sulemi+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=+%0D%0ALatar+belakang+masalahnya+yakni+masih+rendahnya+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+dikarenakan+pembelajaaran+IPS+yang+dilaksanakan+selama+ini+masih+menggunakan+metode+konvensional+yang+didominasi+oleh+metode+ceramah+sehingga+kurang+menarik+perhatian+siswa%2C+membosankan+dan+kurangnya+interaksi+antara+guru+dengan+siswa+dalam+proses+pembelajaran.+Pola+pembelajarannya+bersifat+guru-sentris%2C+jadi+siswa+kurang+berani+berpartisipasi+untuk+bertanya+dan+mengemukakan+ide+atau+pendapatnya+pembelajaran+terfokus+pada+guru+sebagai+sumber+utama+pengetahuan+dan+siswa+hanya+mendengarkan+penjelasan+dari+guru.+Tujuan+penelitian+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+Ilmu+Pengetahuan+Sosial+(IPS)+pada+siswa+kelas+IV+SD+Negeri+5+Metro+Selatan+Kota+Metro+tahun+pelajaran+2013%2F2014++Metode+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+adalah+Peneltian+Tindakan+Kelas+sebanyak+2+siklus+dengan+langkah-langkahnya%3A+perencanaan%2C+tindakan%2C+observasi%2C+dan+refleksi.+Teknik+pengumpulan+data+dilakukan+dengan+menggunakan+observasi+selama+tindakan+dan+tes+hasil+belajar+siswa.+Subjek+dalam+penelitian+ini+adalah+guru+dan+siswa+kelas+IV+SDN+5+Metro+Selatan+yang+terdiri+dari+20+orang+siswa++Hasil+penelitian+ini+menunjukkan+bahwa+melalui+penggunaan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Student+Team+Acievement+Division+(STAD)+dalam+pembelajaran+IPS+ternyata+mengalami+peningkatan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.+Hal+ini+terlihat+dari+aktivitas+rata-rata+siswa+yang+pada+siklus+I+57%2C96%25+pada+siklus+II+meningkat+menjadi+71%2C40%25%2C+hasil+belajar+siswa+juga+mengalami+peningkatan+pada+siklus+I+nilai+rata-rata+siswa+63%2C35%2C+pada+siklus+II+nilai+rata-rata+siswa+meningkat+menjadi+70%2C10++Kata+kunci%3A+Aktivitas%2C+hasil+belajar%2C+dan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+%0D%0A+%0D%0ASTAD+&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2013-05-04&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F435%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F435%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F435%2F3%2FMENYETUJUI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F435%2F4%2FSURAT%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F435%2F5%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F435%2F6%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F435%2F7%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F435%2F8%2FDAFTAR%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F435%2F9%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F435%2F10%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F435%2F11%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F435%2F12%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F435%2F13%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F435%2F14%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F435%2F15%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++.%2C+Sulemi+++(2013)++PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPS+MELALUI+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+STAD+PADA+SISWA+KELAS+IV+SDN+5+METRO+SELATAN+KOTA+METRO+TAHUN+PELAJARAN+2013%2F2014.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F435%2F