%A YUYUN ISROWIYANI Sarno %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 3 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Metro Pusat khususnya pada mata pelajaran Matematika, dilihat dari ketuntasan nilai individu diperoleh hasil bahwa dari 24 siswa hanya 6 siswa (25%) yang telah mencapai KKM (60). Tujuan penelitian adalah penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi siswa serta tes hasil belajar di setiap siklusnya. Selanjutnya data dianalisis dengan cara analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian dapat dilihat dari presentasi rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 55,20 kategori cukup aktif dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 64,16 kategori aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 13 siswa ( 54,17%) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 24 siswa (100%). Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 3 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata Kunci : Aktivitas dan Hasil Belajar, Metode Diskusi Kelompok %C Universitas Lampung %D 2013 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints436