title: PENGARUH KEPIPIHAN AGREGAT PADA PERKERASAN LENTUR JALAN RAYA TERHADAP PARAMETER MARSHALL creator: Munawar, Rahmat Hidayat subject: G Geography (General) subject: Q Science (General) subject: QE Geology subject: Teknologi (General) description: Kekuatan dan keawetan suatu konstruksi perkerasan jalan sangat tergantung dari kualitas agregat, daya dukung tanah dan jenis aspal yang digunakan. Agregat kasar berupa batu pecah umumnya didapat dari hasil pemecahan batu-batu berukuran besar oleh alat pemecah batu. Agregat pipih pada umumnya juga dihasilkan oleh pemecah batu, sehingga dilapangan tidak dapat dihindari pemakaian bentuk agregat tersebut. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh agregat pipih terhadap kekuatan campuran Lapis Aspal Beton Lapis Aus (AC-WC) untuk gradasi halus yang mengacu pada spesifikasi umum Bina Marga 2010 dengan empat variasi kandungan agregat pipih yaitu 0%, 20%, 40% dan 60%. Program penelitian ini adalah mengevaluasi pengaruh agregat pipih pada sifat-sifat campuran beraspal dengan menggunakan metode Marshall. Dari hasil analisa yang telah dilaksanakan pada kelompok benda uji terhadap parameter Marshall, hanya pada variasi agregat pipih 0% dan 20% didapatkan nilai kadar aspal optimum (KAO) yaitu masing-masing sebesar 6,24% dan 6,26%. Hal ini dikarenakan pada variasi agregat pipih 40% dan 60% berpengaruh atas tidak terpenuhinya nilai VIM dari campuran tersebut. Dengan hasil demikian dapat disimpulkan bahwa kandungan agregat pipih yang diperbolehkan pada campuran AC-WC bergradasi halus pada batas tengah atau ideal yaitu sebesar 20%. Kata kunci : Agregat Pipih, Parameter Marshall, Spesifikasi 2010, AC-WC. publisher: Fakultas KIP date: 2013-12-23 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/437/1/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/437/2/ABSTRAK%20INDONESIA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/437/3/ABSTRAK%20INGGRIS.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/437/4/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/437/5/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/437/6/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/437/7/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/437/8/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/437/9/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/437/10/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/437/11/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/437/12/DAFTAR%20ISTILAH.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/437/13/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: archive identifier: http://digilib.unila.ac.id/437/14/LAMPIRAN.zip identifier: Munawar, Rahmat Hidayat (2013) PENGARUH KEPIPIHAN AGREGAT PADA PERKERASAN LENTUR JALAN RAYA TERHADAP PARAMETER MARSHALL. Fakultas KIP, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/437/