%0 Generic %A AYU SILVIA FEBRIANI, 1013053042 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:4398 %I FKIP %T PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI 4 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/4398/ %X ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi yang menunjukkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Metro Timur. Ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 53,57% dengan kategori sedang. Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Talking Stick. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan pada setiap siklusnya dari 3 pertemuan Prosedur penelitian yang terdiri tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes formatif. Data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 73,49 kategori aktif kemudian meningkat sebesar 8,33 menjadi 81,82 kategori sangat aktif pada siklus II. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I yaitu 66,43 (64,29%) kategori baik meningkat sebesar 12,67 menjadi 79,10 (85,71%) kategori baik pada siklus II. Sementara itu rata-rata hasil belajar siswa pada aspek sikap percaya diri pada siklus I adalah 71,25(67,86%) kategori percaya diri dan siklus II menjadi 82,50 (78,57%) kategori sangat percaya diri. Selain itu, nilai rata-rata keterampilan siswa pada siklus I adalah 72,54 (67,86%) kategori terampil dan siklus II adalah 82,74 (82,14%) kategori sangat terampil. Kata kunci : Cooperative Learning tipe Talking Stick, Aktivitas, Hasil.