creators_name: WAHID PRIYONO, 0913024076 type: other datestamp: 2014-10-24 02:21:14 lastmod: 2014-10-24 02:21:14 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA (Studi Eksperimental Semu pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014) ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIB dan VIIID SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan yang dipilih dari populasi secara Purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-U pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas kerjasama siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata Gain 0,58 dengan kriteria sedang. Selain itu, pada kelas eksperimen rata-rata Gain indikator Wahid Priyono kognitif hasil belajar siswa C1 sebesar 0,81 dan C2 sebesar 0,44. Rata-rata persentase aktivitas kerjasama siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen memiliki kriteria cukup yaitu 67,18 %. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan aktivitas kerjasama siswa pada materi pokok Sistem Pencernaan Manusia. Kata kunci : aktivitas kerjasama, hasil belajar, model STAD. date: 2014-06-13 date_type: published publisher: FAKULTAS KIP place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: WAHID PRIYONO, 0913024076 (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA (Studi Eksperimental Semu pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014). FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/4419/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4419/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4419/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4419/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4419/5/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4419/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4419/7/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4419/8/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4419/9/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4419/10/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4419/11/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4419/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4419/13/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4419/14/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4419/15/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4419/16/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4419/17/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4419/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf