%A 0913024014 OFI OKTAVIANI %T PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KELANGSUNGAN HIDUP MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen Siswa Kelas IX Semester Ganjil SMP Al-Huda Jati Agung TP 2013/2014) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (KBK) siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu IXb dan IXc SMP Al-Huda Jati Agung yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa data yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan gain yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji U pada taraf kepercayaan 5%. Sedangkan data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari hasil observasi dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan KBK siswa pada kelas eksperimen. Rata-rata pretes yang dipeoleh kelas ini yaitu 23,93+12,71; rata-rata postes 46,40 + 16,02; dan rata-rata gain 0,30+0,16. Rata-rata gain KBK siswa kelas ekperimen berkriteria rendah. Adapun rata-rata persentase aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen berkriteria cukup (59,49%). Meski demikian, peningktanan KBK yang terjadi di kelas ekperimen memiliki perbedaan yang signifikan dengan peningktan KBK yang yang terjadi di kelas kontrol. Peningkatan KBK siswa kelas ekperimen lebih tinggi dibanding peningkatan KBK siswa kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI berpengaruh signifikan terhadap KBK siswa. Kata kunci : Group Investigation (GI), Kemampuan Berpikir Kritis (KBK), aktivitas pembelajaran, kelangsungan hidup, makhluk hidup. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KIP %L eprints4422