TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints4439 UR - http://digilib.unila.ac.id/4439/ A1 - Sunariyah, 1113137033 Y1 - 2014/06/29/ N2 - Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD siswa Kelas IV SD Negeri Batu Badak Lampung Timur Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang difokuskan pada situasi kelas yang lazim dikenal classroom action research. Penelitian ini dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus-siklus tindakan, yang berlangsung sebanyak 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk data aktivitas belajar dan tes untuk hasil belajar. Teknis analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian Terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa dari Siklus pertama rata rata nilai mencapai 73,83% dan siklus yang kedua meningkat menjadi 83,1%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BATU BADAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -