creators_name: Fitria Hani Aprina, 1016031096 creators_id: fitriahaniaprina@yahoo.co.id type: other datestamp: 2014-10-22 06:45:16 lastmod: 2014-10-22 06:45:16 metadata_visibility: show title: Analisis Pola Komunikasi Kelompok Dalam Penguasaan Teknik Gerak Tari Tradisional Pada Anak (Studi Pada Sanggar Tari Sasana Budaya Bandar Lampung) ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK ANALISIS POLA KOMUNIKASI KELOMPOK TERHADAP PENGUASAAN TEKNIK GERAK TARI TRADISIONAL PADA ANAK (Studi Pada Sanggar Tari Sasana Budaya Bandar Lampung) Oleh FITRIA HANI APRINA Latar belakang penelitian ini adalah dalam seni tari, setiap penari harus mampu berkomunikasi secara kelompok dengan baik dan mencapai suatu kesepahaman dan penguasaan teknik yang sama agar tercapainya suatu tujuan. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui peran komunikasi kelompok dalam membentuk penguasaan anak terhadap teknik gerakan tari, kemudian untuk mengetahui, menggambarkan dan menjelaskan pola komunikasi yang terjadi antara tim pengajar dan anak dalam kelompok sanggar tari Sasana Budaya Bandar Lampung, dan yang terakhir untuk menganalisa tingkat efektifitas pola komunikasi kelompok sanggar Sasana Budaya terhadap penguasaan anak dalam memaknai gerak tari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive (disengaja). Penelitian ini juga menggunakan Teori Pencapaian Kelompok. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi kelompok berperan untuk menunjang pemahaman anak dalam menguasai gerak tari. Pada analisis hasil penelitian telah dijelaskan bahwa pola komunikasi kelompok dalam sanggar ada dua, yaitu : pola roda dan pola bintang. Kedua pola tersebut terbukti efektif dalam membantu anak-anak saling bertukar informasi dengan pengajar atau penari anak lainnya sehingga tercapailah kesepahaman dan penguasaan terhadap teknik gerak tari. Kata kunci: Pola Komunikasi Kelompok, Penguasaan Teknik Gerak Tari Tradisional Anak. ABSTRACT Analysis of Group Communication Model in Mastery the Technical Traditional Dance to Children (A Case Study at Dance Studio Sasana Budaya Bandar Lampung) By FITRIA HANI APRINA This research background is in dance, each dancer must be able to communicate with her group and reachs an understanding and masters the same techniques to achieve a goal. The purpose of this study is: To determine the group communication model in shaping the child’s mastery of the technique of dance movement, then to determine, describe, and explain model communication that occurs between teaching team and children in the group dance studio Sasana Budaya Bandar Lampung, and the last to analyze the effectiveness of group communication model towards mastery of children to understanding dance. This research uses descriptive qualitative method. Informants in this study were taken by using purposive (intentional). This study also uses group achievement theory. Results showed that the group communication is role to support the understanding of the child in mastering dance. On the analysis of the results of the research has been explained that communication model in the study are : wheel pattern and star pattern. Both patterns are shown to be effective in helping children to exchange information with teachers or other children dancers and resulting understanding and mastery of dance technique. Keyword: Group Communication Model, Mastery The Technical Traditional Dance to Children. date: 2014-09-24 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK place_of_pub: Unila institution: Universitas Lampung department: FISIP thesis_type: other citation: Fitria Hani Aprina, 1016031096 (2014) Analisis Pola Komunikasi Kelompok Dalam Penguasaan Teknik Gerak Tari Tradisional Pada Anak (Studi Pada Sanggar Tari Sasana Budaya Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, Unila. document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/1/Abstrak.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/2/Abstract.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/3/Cover%20Dalam.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/4/Hlm.%20Persetujuan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/5/Hlm.%20Pengesahan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/6/Pernyataan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/7/Riwayat%20Hidup.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/8/Persembahan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/9/Moto.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/10/San%20wacana.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/11/Daftar%20Isi.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/12/Daftar%20Tabel.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/13/Daftar%20Gambar.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/14/Bab%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/15/Bab%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/16/Bab%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/17/Bab%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/18/Bab%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/19/Bab%20VI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/20/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/4453/21/Lampiran-lampiran.pdf