TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints4497 UR - http://digilib.unila.ac.id/4497/ A1 - Zulia Astriani, 1013053123 Y1 - 2014/09/18/ N2 - Penelitian ini berlatar belakang dari rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model PQ4R pada kelas IV C dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi dan tes formatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Aktivitas siswa pada siklus I 41,67% dan siklus II yakni 75% dimana terjadi peningkatan sebesar 33,33%. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 65,96% dan meningkat menjadi 79,73% di siklus II, dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 13,77%. Kata kunci: Hasil Belajar, Learning Strategies, PQ4R, Tematik Terpadu. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - Penerapan Model Learning Strategies Tipe PQ4R Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IVC SD N 08 Metro Timur Tahun Pelajaran 2013/2014 AV - restricted ER -