%0 Generic %A MIRA OLIVIA HR, 1013024047 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:4508 %I FAKULTAS KIP %T KONSTRIBUSI ANGGOTA TIM AHLI DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI (Kajian Deskriptif pada Siswa Kelas XI IPA4 Semester Genap SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014) %U http://digilib.unila.ac.id/4508/ %X Abstrak Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konstribusi anggota tim ahli dengan hasil belajar tim asal dan hubungan konstribusi anggota tim ahli dengan hasil belajarnya dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas XI IP semester genap SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel yang diperoleh adalah siswa kelas XI IP . Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa nilai pretes dan postes yang diperoleh dari proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan data kualitatif berupa deskripsi hubungan konstribusi anggota tim ahli dengan hasil belajar tim asal dan hubungan konstribusi anggota tim ahli dengan hasil belajar ahli itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara konstribusi anggota tim ahli dengan hasil belajar tim asal yang tergolong rendah dan terdapat hubungan antara konstribusi anggota tim ahli dengan hasil belajarnya sendiri yang tergolong sedang. Seluruh ahli dalam penelitian ini memiliki nilai konstribusi yang tergolong sedang, sebagian besar anggota tim asal (68,96%) memperoleh hasil belajar yang tergolong sedang, dan sebagian besar anggota tim ahli (51,73%) memperoleh hasil belajar yang tergolong sedang. Selain itu diketahui pula bahwa terdapat hubungan yang positif antara konstribusi anggota tim ahli dengan hasil belajar tim asal dan konstribusi anggota tim ahli dengan hasil belajarnya. Hal itu berarti peningkatan nilai konstribusi anggota tim ahli akan meningkatkan nilai hasil belajar tim asal dan nilai hasil belajar ahli itu sendiri. Kata kunci: Aktivitas, hasil belajar, konstribusi anggota tim ahli.