TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints451 UR - http://digilib.unila.ac.id/451/ A1 - Tugino Hadiwijoko, NGADIMIN Y1 - 2013/04/06/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya perolehan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Mas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui model kooperatif tipe STAD siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Mas Kabupaten Lampung Timur. Metode Penelitian dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus-siklus tindakan, yang berlangsung sebanyak 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk data aktivitas belajar dan tes untuk hasil belajar. Teknis analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Mas. Aktivitas siswa pada siklus 1 52,83% pada siklus II mengalami peningkatan 9,27%. Hasil belajar siswa pada siklus I belum tuntas karena masih di bawah target keberhasilan yaitu 70% dari KKM ? 60. Kemudian peneliti melakukan tindakan siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 78,26% dan yang tidak tuntas sebesar 21,73%. Maka pada siklus II hasil belajar meningkat sebesar 21,74%. Pada pembelajaran siklus II, sudah memenuhi target ketuntasan yaitu 70% siswa yang memperoleh nilai ? 60. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, aktivitas belajar dan hasil belajar. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GUNUNG MAS TAHUN PELAJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -