@misc{eprints4515, month = {Mei}, title = {DESKRIPSI KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN MARTAPURA TAHUN AJARAN 2012-2013}, author = {0913034018 Sri Fitriani}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/4515/}, abstract = {Abstrak Indonesia Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan dalam pembelajaran IPS pada jenjang pendidikan SMP. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru IPS yang mengajar pada SMP Negeri di Kecamatan Martapura yang berjumlah 12 orang guru. Teknik pengumpulan data yaitu teknik kuesioner, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar guru IPS di Kecamatan Martapura mengalami kesulitan dalam penguasaan materi yang tergabung dalam IPS, kesulitan dalam penguasaan konsep pembelajaran terpadu dan pengembangan pembelajaran terpadu (2) sebagian besar guru IPS kesulitan dalam menggunakan dan memilih media dan sumber belajar yang cocok, (3) sebagian besar guru IPS masih kesulitan dalam menggunakan metode pembelajaran bervariasi, serta kesulitan memilih metode yang sesuai dengan materi (4) sebagian besar guru IPS di Kecamatan Martapura tidak kesulitan dalam membuat RPP. (5) sebagian besar guru IPS di Kecamatan Martapura kesulitan dalam membuat pemetaan pembelajaran tematik.} }