@misc{eprints454, month = {April}, title = {PENGGUNAAN MODEL DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS VI A SD NEGERI 2 WAY LUNIK KOTA BANDAR LAMPUNG }, author = {SUTRIS Joyo Atmo }, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/454/}, abstract = { Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI A SD Negeri 2 Way Lunik pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang masih di bawah KKM adalah yang melatarbelakangi penelitian ini. Untuk mengatasi masalah tersebut model demonstrasi pilih karena dianggap tepat dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI A SD Negeri 2 Way Lunik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus, setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik non tes dan tes. Teknik non tes digunakan untuk menilai aktivitas siswa dan kinerja guru melalui lembar observasi sedangkan teknik tes untuk mengetahui ketercapaian hasil belajar siswa menggunakan tes tertulis. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari rangkaian tindakan yang telah dilaksanakan terjadi peningkatan aktivitas dari siklus I 72.96\% menjadi 93.44\% pada siklus II. Kinerja guru memperoleh skor 4.16 pada siklus I meningkat menjadi 4.36 pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada siklus I 72.41\% menjadi 86.21\% pada siklus II. Kata Kunci : Model Demonstrasi, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Hasil belajar bidang studi IPA } }