@misc{eprints4553, month = {Juli}, title = {KONTRIBUSI ANGGOTA TIM AHLI DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI (Kajian Deskriptif pada Siswa Kelas XI IPA2 Semester Genap SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014}, author = {1013024003 CRIS AYU SETYANINGSIH}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/4553/}, abstract = {abstrak indonesia Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang paling banyak digunakan di sekolah oleh guru, dikarenakan model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun faktor yang diduga menentukan keefektivan model pembelajaran ini dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah adanya kontribusi dari anggota tim ahli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontribusi anggota tim ahli dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kajian deskriptif dengan desain deskriptif korelasional. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA2 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes dan postes, sedangkan data kualitatif berupa deskripsi kontribusi anggota tim ahli di tim asal. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji korelasi sederhana yang terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji linearitas melalui program SPSS 17.} }