%0 Generic %A Gimin dan Hj. Tuyem (Alm). , WANTINI %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:456 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 PANJANG UTARA BANDAR LAMPUNG TAHUN PALAJARAN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/456/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar Matematika melalui penggunaan model kooperatif tipe STAD. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan dapat meningkatkan pencapaian prestasi belajar siswa. Penelitian ini melibatkan 36 siswa kelas IV di SDN 3 Panjang Utara Kecamatan Panjang pada semester I tahun ajaran 2013/2014. Pengumpulan data yang dilakukan dengan lembar observasi, untuk aktivitas, afektif dan psikomotor. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik persentase dengan membandingkan pada standar ketuntasan belajar mininal yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan: dari siklus 1 diperoleh rata-rata aktivitas siswa sebanyak 70,2% dan pada siklus 2 rata-rata aktivitas siswa menjadi 89,29%. Peningkatan ini antara lain disebabkan oleh materi yang dibahas dan didiskusikan dianggap oleh sebagian siswa merupakan materi yang menyenangkan dan merasa siap dengan pembelajaran metematika menggunakan STAD yang dibuktikan pada siklus 1 hasil belajar siswa rata-rata kelas adalah 71,9 kemudian siklus 2 adalah 79,44 sehingga siswa terlihat antusias dan aktif dalam pembelajaran maupun dalam setiap diskusi kelompok berlangsung. Kata kunci : kooperatif tipe STAD, aktivitas, kerjasama, prestasi belajar