@misc{eprints4574, month = {Agustus}, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW KELAS IV SDN 1 KUTOARJO KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TP 2013/2014}, author = {1013109143 SARINGANTI}, address = {Unila}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/4574/}, abstract = {ABSTRAK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW KELAS IV SDN 1 KUTOARJO KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TP 2013/2014 Oleh SARINGANTI Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SD Negeri 1 Kutoarjo Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa, kinerja guru pada proses pembelajaran, untuk mengetahui hasil belajar menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PPKn. Hal ini ditunjukan data di mana pada siklus I aktivitas belajar siswa dengan kategori baik 10\%, kategori cukup 75\%, dan kategori latihan lagi 15\%. Sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa dengan kategori baik 90\% dan kategori cukup 10\%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 55\% dari 20 orang siswa, dan meningkat 35\% menjadi 90\% pada siklus II. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, PPKn, Kooperatif Tipe Jigsaw} }