TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints4588 UR - http://digilib.unila.ac.id/4588/ A1 - Astari, 1013022071 Y1 - 2014/10/09/ N2 - Perkembangan Teknologi dan Ilmu Komputer (TIK) dalam pendidikan memberikan kemudahan dalam menyediakan media yang dapat mengatasi keterbatasan dalam proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang berbasis TIK adalah multimedia tutorial. Media pembelajaran berbasis multimedia tutorial digunakan dalam proses pembelajaran untuk memperkuat penguasaan konsep peserta didik agar tujuan pembelajaran tercapai dan kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien. Tahap pengembangan multimedia tutorial mengadaptasi model pengembangan Suyanto dan Sartinem sebagai acuan, yaitu dimulai dari analisis kebutuhan dilanjutkan dengan mengidentifikasi sumber daya untuk memenuhi kebutuhan kemudian mengidentifikasi spesifikasi produk yang diinginkan yang mendasari latar belakang penelitian pengembangan ini. Langkah selanjutnya adalah mengembangkan produk multimedia tutorial dengan pendekatan saintifik yang disertai panduan guru. Setelah produk dikembangkan, produk diuji kelayakannya yang meliputi uji ahli materi dan uji ahli desain. Tahapan selanjutnya adalah uji eksternal pada kelompok kecil dan diperoleh hasil bahwa produk yang dikembangkan dikategorikan menarik dengan skor 3,2 , mudah digunakan dengan skor 3,0, dan bermanfaat dengan skor 3,1, serta multimedia yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran dengan presentase hasil belajar siswa sebesar 80% tuntas KKM. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL PEMBELAJARAN OPTIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK AV - restricted ER -