TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints4606 UR - http://digilib.unila.ac.id/4606/ A1 - SEPTI YUNAIDA, 1013109145 Y1 - 2014/09/01/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas IV SDN Padang Manis Pesawaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran PKn kelas IV SDN Padang Manis dapat meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 58,59 dan siklus II sebesar 72,27 dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 13,68. Sementara itu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,25 dan siklus II sebesar 71,25 dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 5,00. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN PKn DI KELAS IV SDN PADANG MANIS PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -